Membuat Mushola di Rumah

Ikuti beberapa tips sederhana ini untuk membantu menyusun mushola di rumah Anda – ideal bukan hanya digunakan oleh keluarga Anda, melainkan juga tamu yang datang bertandang.

Karya seni dapat menambahkan keindahan yang berkesan ke setiap ruangan, dan karya yang relevan selalu menjadi tambahan yang menyenangkan. Lukisan Peziarah Dalam Perjalanan ke Mekkah dari Islamicity.com, US $ 44,95

Karya seni dapat menambahkan keindahan yang berkesan ke setiap ruangan, dan karya yang relevan selalu menjadi tambahan yang menyenangkan. Lukisan Peziarah Dalam Perjalanan ke Mekkah dari Islamicity.com, US $ 44,95

Menjamu tamu memang selalu menyenangkan. Makanan disiapkan, percakapan terus mengalir dan semua orang biasanya menikmati waktu yang indah ini. Meskipun kita cenderung lebih sering berfokus pada sisi-sisi yang bersifat menghibur, salah satu kebutuhan yang paling penting terkadang kita abaikan: menyediakan tempat bagi para tamu untuk melakukan sholat – atau mushola.

Meskipun mungkin mudah untuk hanya sekedar menempatkan sajadah di salah satu sudut rumah, ada baiknya jika kita mempertimbangkan untuk menciptakan ruang yang lebih kondusif untuk berdoa dan kontemplasi.

Definisi umum dari sebuah ruang untuk shalat adalah ruangan yang didedikasikan untuk menyembah Yang Maha Kuasa. Dengan mengingat konsep ini, berikut ini adalah beberapa panduan yang dapat membantu Anda untuk membuat mushola yang menyenangkan di rumah Anda.

  • Pilihlah ruangan dengan cukup ruang untuk mengakomodasi beberapa orang jamaah. Lebih baik lagi, pastikan ruangan dekat dengan fasilitas kamar mandi, yang akan membantu untuk mengakomodasi proses berwudhu.
  • Tempatkan handuk wajah di sekitar  ruangan serta keset kamar mandi berbulu untuk menyerap kelebihan air setelah membasuh kaki.
  • Jika ruangan berisi patung atau gambar makhluk hidup, tutupi mereka atau hindarkan mereka menghadap jamaah shalat.
  • Berikan indikasi yang jelas arah kiblat.

Setelah Anda menemukan ruang yang sesuai, pilihlah beberapa sajadah tebal yang bagus untuk kenyamanan tamu yang berusia lanjut. Gelar karpet yang lebih besar di bawah sajadah jika Anda tidak dapat menemukan sajadah yang cukup tebal. Sebuah karpet tebal polos untuk menutupi seluruh luas lantai juga dapat digunakan untuk tujuan ini.

Bantal dan tempat lilin dari VIVERE. Sajadah sutra, mukena dan tatakan Qur'an dari Pasaraya. Sulaman Asma'ul Husna dan karpet dari Kinara Art Gallery. Meja sisi, pigura, lampu dan kaligrafi milik pribadi penata gaya.

Bantal dan tempat lilin dari VIVERE. Sajadah sutra, mukena dan tatakan Qur’an dari Pasaraya. Sulaman Asma’ul Husna dan karpet dari Kinara Art Gallery. Meja sisi, pigura, lampu dan kaligrafi milik pribadi penata gaya.

Timbulkan rasa nyaman di dalam ruangan dengan menyebarkan aroma ringan. Anda dapat menggunakan tungku minyak listrik dekoratif, yang tidak hanya menyenangkan untuk dilihat, tetapi juga memberikan aroma menentramkam di sekitar mushola Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan burner, pastikan bahwa terdapat cukup ventilasi, dan jangan pernah meninggalkan dupa atau lilin yang terbakar tanpa pengawasan.

Jagalah ruang shalat Anda agar tetap sejuk sejuk dengan kipas atau AC. Tirai berwarna netral-cerah dapat menawarkan perlindungan dari sinar matahari dan juga membuat mushola Anda terasa nyaman. Sebuah rak mantel di sudut ruangan dapat berguna untuk menggantung mukena, selain juga berfungsi ganda sebagai tempat para jamaah menggantung barang-barang mereka seperti tas dan kamera sementara mereka sibuk melaksanakan shalat.

Karya seni lukisan atau gulungan kaligrafi di mushola Anda dapat menambahkan sentuhan berkelas. Untuk melengkapi dekorasi, sebuah rak buku kecil untuk membaca Al-Qur’an, ataupun Qur’an digital, juga akan menjadi tambahan yang menyenangkan.

Meskipun dekorasi tidak dibutuhkan bagi manusia untuk berhubungan dengan Allah secara spiritual,  sentuhan keindahan tentu akan selalu disambut gembira.

comments powered by Disqus
Dapatkan berita mingguan terbaru seputar mode dan gaya hidup dengan berlangganan Aquila Style
Hagia Sophia: Stunning Architecture Lihat Video Aquila lain